Pelatihan Pembuatan Kain “Tenun Ikat “oleh Kelompok Perempuan

foto-tenun-ikat-small
Pelatihan Pencelupan Benang
tenun-ikat-2-small
Perendaman Benang

(Lutha rato Broadband) Desa Lutha rato merupakan salah satu wilayah Kabupaten Belu yang kaya akan potensi desa salah satunya adalah tanaman kapas

Namun karena kurang ketrampilan, keahlian,pengalaman serta keterbatasan informasi maka potensi ini kurang dimaksimalkan.  Kegiatan yang difasilitasi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Belu di ikuti oleh 20 orang kelompok dari tiap-tiap dusun, kegiatan ini berlangsung selama dua hari yaitu di mulai dari hari jumat sampai sabtu, 28-29 oktober  2016, mulai pukul 08.00-16.00 witeng. Dengan Agenda kegiatan pencucian benang, perendaman benang, pengeringan benang, perendaman benang dengan bahan-bahan kimia, pengeringan benang berwarna.

Dalam Acara pembukaan atas nama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Belu yang diwakili oleh Kepala Bidang Perindustrian Rudolf Don Bosco Seran ST, mengatakan tenun ikat ini menjadi produk desa yang sangat potensial. Beliau berharap semoga adanya kegiatan ini bisa meningkatkan ekonomi rumah tangga serta menjadi rumah industri desa sampai menjadi produk lokal kebanggaan desa  lutha rato. Secara terpisah Kepala Desa Lutha rato (Agustinus Lambertus Bere) berharap kepada setiap anggota kelompok yang diutus oleh kelompok supaya sesampainya di kelompok nanti harus dipraktekkan kembali kepada anggota tentang pelatihan yang didapat supaya apa yang didapat tidak sia-sia tandasnya. Alfons Karaen.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan