Pelatihan “Meubeler” Oleh Kelompok Pria

dscn2792-small
Pelatihan Menyekap Kayu

Lutha Rato Broadband

Desa Lutha Rato adalah salah satu Desa diwilayah Kabupaten Belu yang kaya akan Potensi Desa salah satunya adalah “Sumber Daya  Manusianya”

Sebenarnya masyarakat Lutha Rato khususnya kelompok pria sebagian besar adalah bermata pencaharian dalam bidang pertukangan yang diartikan disini “Tukang Desa” Mengapa dikatakan tukang desa? karena masih minim sekali dalam hal ketrampilan, keahlian, pengalaman serta keterbatasan informasi maka potensi desa ini kurang dimaksimalkan.

Kegiatan tersebut difasilitasi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan kabupaten belu yang diikuti oleh 20 orang peserta dari wakil-wakil dari 5 dusun. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dari jumat sampai hari sabtu, 28-29 oktober 2016 mulai pukul 08.00-16.00 bertempat di halaman kantor desa Lutha Rato. Dengan Agenda Kegiatan teori tentang pertukangan selama satu jam,Praktek memegang mesin pemotong,sekap kayu,bor kayu serta cara membuat daun pintu, jendela, meja, kursi, dsb.

Dalam Acara Pembukaan Atas Nama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Belu yang diwakili oleh Kepala Bidang Perindustrian “Bpk Rudolf Don Bosco Seran, ST mengatakan kegiatan praktek meubeler ini dilakukan agar menjadi potensi desa dan produk desa yang sangat potensial. Oleh karenanya perlu ditingkatkan. Beliau berharap semoga adanya kegiatan ini bisa meningkatkan pendapatan Ekonomi Rumah Tangga serta menjadi bekal bagi peserta pelatihan meubeler dihari-hari yang akan datang dan menjadi seorang tukang yang handal dan terampil serta siap pakai di mana saja. Setiap Peserta Pelatihan Meubeler yang diutus oleh oleh tiap-tiap dusun supaya sesampainya di dusun nanti harus dipraktekkan kepada warga dusun yang mempunyai keinginan dalam bidang pertukangan, tandas Kepala desa Lutha Rato (Agustinus Lambertus Bere)//// Alfons Karaen

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan