MUSYAWARAH DESA (MUSDES) LUTHA RATO TAHUN 2018

Peserta Musdes Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
Sepatah Kata Dari SKPD Kecamatan
Arahan Kades Kepada Peserta Musdes
Peserta Musyawarah Desa

Lutha Rato.desa.id, Musyawarah Desa (Musdes) Merupakan Forum Perencanaan Pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Lutha Rato yang dilakukan setiap tahun dan Kegiatan ini tidak terlepas dari partisipasi masyarakat serta bekerja sama dengan seluruh Warga Masyarakat Desa Lutha Rato kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Kepala Desa Lutha Rato. Musyawarah Desa Ini dilaksanakan Pada Hari ini, Selasa, 24 Oktober 2017 dan dimulai Pada Pukul 10.00 hingga selesai. Adapun yang hadir dalam Kegiatan ini diantaranya, Kepala Desa Lutha Rato Bersama Staf, Ketua BPD Desa Lutha Rato bersama staf, Para Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa, serta seluruh masyarakat desa Lutha Rato. Musyawarah Ini Menunjukkan bahwa Musrembang bersifat Pastisipatif dan Dialogis. Dimana, Seluruh Warga Masyarakat yang hadir memiliki hak bersuara dalam Menyampaikan Pendapat dengan Berdasarkan Pada Prinsip Bebas Pastisipatif. Kegiatan Musyawarah ini bertujuan untuk memotret Berbagai Potensi Yang Ada di wilayah Desa Lutha Rato untuk dijadikan sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Dalam Pembangunan Desa. Pada Hakekatnya, Kemajuan Suatu Desa tidak terlepas partisipasi masyarakat serta pada Penggalian Potensi-Potensi yang ada di wilayah desa. Oleh Karena Itu, Forum Perencanaan Pembangunan ini Sangat Penting Dalam Mencari dan Menggali Berbagai Potensi Desa yang ada sehingga Keputusan yang diambil Lewat Forum ini tidak terlepas dari Potensi-Potensi yang ada di desa.

Kepala Desa Lutha Rato : AGUSTINUS L. BERE Dalam Sambutannya Mengatakan bahwa : Kegiatan Musyawarah Desa Ini Sangat Penting Dalam Menunjang Kemajuan Desa. Hal ini karena dalam Musyawarah ini dibahas Agenda Kegiatan Yang didasarkan Pada Potensi Yang Ada di Desa sehingga seluruh elemen Masyarakat Berhak Menyampaikan Pendapatnya masing-masing karena pada akhirnya Pendapat dari Semua Elemen Masyarakat tersebut Akan disaring dan dijadikan Dasar Dalam Pengambilan Keputusan Terkait Rencana Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Desa, Tandas Agus.

Lebih lanjut Perwakilan dari Kecamatan (Bapak Theodorus Bere Laku) dalam sambutannya mengatakan :Musyawarah Desa adalah salah satu forum Perencanaan Pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah desa dan dilakukan setiap tahun serta kegiatan ini tidak terlepas dari partisipasi seluruh Masyarakat serta bekerjasama bahu-membahu denagan tujuan untuk melihat potensi-potensi yang ada di wilayah desa dan ini menjadi dasar dalam hal pengambilan suatu keputusan dalam hal pembangunan. Suatu desa maju tidak terlepas dari masyarakat dalam hal pastisipasi aktif serta harus mengajukan potensi-potensi apa saja yang sangat diperlukan oleh masyarakat itu sendiri, Tandasnya.

Dengan demikian maka Musyawarah Desa Merupakan Salah Satu Bentuk Demokrasi Yang Dibangun di desa sehingga segala keputusan terkait Program Pembangunan desa diambil Melalui Musyawarah Mufakat. Disamping Itu pula melalui Musyawarah Desa, Semua Potensi Yang Ada di Desa dapat dimamfaatkan Secara Optimal dalam Menunjang Program Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Sehingga Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa Lutha Rato dapat tercapai Sesuai Dengan Kriteria-Kriteria yang telah ditentukan.

Liputan & Foto : Pandu Desa : Alfons Karaen.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan