FOCUS GROUP DISCUSTION TENTANG PENGGUNAAN APLIKASI SIDEKA DALAM PLATFORM TATA KELOLA DESA

Suasana Sosialisasi Tentang Platform Tata Kelola Desa
Peserta Sosialisasi dan Pelatihan Sideka

Lutharato. desa.id– Setelah melakukan pelatihan dan pembekalan selama kurang lebih 5 hari di Hotel Neo Aston-Kupang, Tim Penyuluh Desa Broadband Terpadu (DBT 2017) Kecamatan Lamaknen Selatan, melakukan Sosialisasi penggunaan aplikasi Sistem Informasi Desa dan Kawasan (Sideka) dalam Platform Tata Kelola Desa Desa Lutharato.

Sosialisasi dan Pelatihan diadakan di Aula Kantor Desa pada hari Jumat,23 November 2017, dihadiri oleh para aparat desa, Perwakilan Tim PKK, kaum Perempuan, Kaum Pemuda dan masyarakat biasa yang berjumlah 13 peserta dari enam Dusun di Desa Lutharato, Aula kantor desa yang menjadi lokasi tempat pelatihannya, alasan tepatnya karena dari enam dusun hanya Aula kantor desa yang sangat sentral dan sudah ada listrik dan jaringan internet sehingga nantinya lebih mudah dalam sosialisasi dan Proses pelatihan.

Para Peserta dari masing-masing utusan dusun di desa Lutharato,bekerja sama melakukan kerja tim dalam sosialisasi Penggunaan Aplikasi Sideka, dalam sosialisasi tersebut semua peserta di undang dan di jadikan dalam satu tempat Pelatihan supaya lebih efisien dalam pembelajarannya. Sosialisasi dan Pelatihan ini dihadiri oleh Kaur Pemberdayaan yaitu Bapak Agustinus Mau Bere mengatakan Bahwa beliau sangat mendukung dan menyarankan sekali agar dalam proses pembelajaran aplikasi sideka tersebut dengan kerja tim, karena dengan begitu apabila nanti salah satu dusun mengalami kendala atau permasalahan maka langsung dapat bersama-sama solusi dan dan dipecahkan akan permasalahannya tersebut, sehingga diharap nantinya disetiap dusun akan bisa maju bersama dalam meningkatkan potensi yang dimiliki dari masing-masing dusun. Sehingga tidak ada lagi dusun yang tertinggal dalam pelatihan ini. Dalam pelatihan tersebut para peserta di ajari materi tentang bagaimana cara pengentrian data di sideka Deskstop dan pengelolaan informasi atau Berita di website desa. Menginggat akan keterbatasan waktu dalam pelatihan tersebut yang mungkin tidak akan selesai dalam waktu satu hari pelatihan, maka nantinya para peserta akan di latih lebih lanjut lagi.

Setelah diadakan sosialisai dan pelatihan diharapkan aplikasi sideka nantinya bisa diterapkan dalam desa dan dusun-dusun, karena aplikasi tersebut sangat membantu sekali dalam tata kelola Desa, sumber pemberian informasi dusun dan lebih lagi desa, serta transparansi tentang sistem keuangan desa dan masih banyak lagi fungsi-fungsi lainnya. Pada prinsipnya aplikasi tersebut adalah “One Map One Data” yaitu segala informasi desa berada dalam satu data,sehingga lebih mempermudah masyarakat untuk mengetahui segala informasi tentang desa tersebut dalam satu wadah yaitu sideka.

Peserta Pelatihan Sideka

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan