SUASANA MUSYAWARAH RENCANA PEMBANGUNAN DESA (MUSRENBANGDES) LUTHA RATO TAHUN ANGGARAN 2018

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
Sambutan Utusan dari Kabupaten

Lutharato.desa.id. Pembangunan di suatu desa tidak terlepas dari partisipasi dari seluruh masyarakat baik ditingkat dusun sampai ke desa dan ini semua berawal dari suatu penggalian gagasan dari Musyawarah Dusun, Pra Musrenbangdes sampai ke tingkat Murenbangdes, Musrenbangcam, Murenbangkab sampai ketingkat yang tertinggi di pusat. Oleh karena itu, hari senin, 18 Desember 2017 desa lutharato mengadakan Rapat Musrenbangdes dimulai dari pukul 08.00-selesai,bertempat di aula kantor Desa. Dalam acara Musrenbang ini dihadir (Bapak Petrus Lopo) adalah Utusan dari kabupaten (Tenaga ahli bidang Pemberdayaan), Bapak Nikodemus (Utusan Kecamatan Laksel), Pendamping Desa, Ketua BPD dan anggota, Ketua LPM Beserta Anggota, Kades (Agustinus L. Bere) beserta Perangkat,Tim PKK, Kepala dusun, RT, RW, Tokoh Masyarakat Kader Posyandu, Utusan Pemuda, Utusan Kaum Perempuan, serta masyarakat utusan dusun. Dalam Murenbangdes ini Kepala Desa (Agustinus L. Bere) dalam sambutannya mengatakan :“Musrenbangdes ini kita laksanakan setiap tahun di tiap-tiap desa, Musrenbangdes ini juga tidak terlepas dari Penggalian Gagasan yang berawal dari Musyawarah Dusun (Musdus) karena di dusun tersebut-lah adalah gagasan yang timbul dari tingkat yang paling dari bawa, oleh karena itu, harus dihargai dan dihormati”…. Harapan Kepala desa :”Harus ada partisipasi dari masyarakat dan peserta musrenbangdes”. Dalam Rapat Musrenbangdes ini juga Utusan dari Kabupaten (Bapak Petrus Lopo) Mengatakan “Musrenbangdes ini juga kita laksanakan setiap tahun diseluruh desa-desa di negara kita indonesia dan Musrenbangdes ini juga adalah hasil dari Musyawarah yang dilakukan di tingkat Dusun atau yang disebut dengan MUSDUS, dan dari dusun-lah muncul ide-ide dan gagasan-gagasan untuk pembangunan di suatu desa. Masyarakat harus mengikuti musrenbangdes ini dengan seksama dan harus menyampaikan keluhan-keluhan yang ada didesa ini, tandas Piet.

Lebih lanjut Bapak Nikodemus (PJOK Kecamatan Lamaknen Selatan) Mengatakan :“Musrenbangdes ini setiap tahun kita laksanakan karena pembangunan yang direncanakan setiap tahun berbeda-beda oleh karena itu Musyawarah ditingkat dusun harus melihat kondisi dan keluhan-keluhan yang diusulkan oleh masyarakat dusun karena mereka yang mengetahui tentang kebutuhan yang ada di dusun tersebut. Gagasan dan usulan-usulan didesa ini akan di input di kecamatan menuju kabupaten dan akan dilihat oleh pemerintah yang di pusat, bila pada tahun 2018 belum bisa dibiayai maka akan dibiayai pada tahun 2019 nanti”. Usulan-usulan Prioritas harus ditetapkan sekarang di Musrenbangdes ini untuk diusulkan ke kecamatan nanti. Harapan Pak Niko :”Kita bahu membahu membangun desa tercinta demi suksesnya pembangunan di indonesia”.

Diharapkan Rapat Musrenbangdes ini berguna bagi masyarakat untuk mendukung pembangunan yang ada di desa serta harus memilih utusan desa yang terbaik untuk berkompetisi di Murenbangcam nanti. ///Pandu _Alfons Karaen//

Sambutan Kepala Desa Lutharato
Penjelasan dan Arahan oleh Tim Ahli dari Kabupaten
Penjelasan Bidang Pembangunan oleh Tim Verifikasi

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan